Rabu, 29 Maret 2023

Kunjungan Saya ke Profesor - Bagian 1

 Kunjungan Saya ke Profesor - Bagian 1

Tiba-tiba, pada Sabtu pagi tanggal 13 April, saya menelepon profesor dan berkata, "Saya ingin datang." Itu tidak benar-benar tiba-tiba, karena akhir-akhir ini saya mungkin memikirkannya, cara orang menahan orang lain di belakang pikiran mereka tanpa banyak usaha saat mereka menjalankan bisnis sehari-hari.

Ketika suaranya muncul, suaranya sangat kuat tetapi serak, dan saya bertanya-tanya apakah dia mencoba melawan rasa sakit dan nyeri sementara pada saat yang sama berbicara kepada saya. Nah, kebetulan saya juga ada dalam pikirannya, dan dia berkata, "Itu ide yang bagus untuk berkunjung; Anda akan hidup lama, dan Anda tahu? Saya memikirkan Anda kemarin CreativEvent.id. Apakah jam 3.30 sore baik untuk Anda? Beri tahu saya apakah waktunya tepat untuk Anda; saya tidak ingin membuat Anda menjauh dari pekerjaan Anda." Sebelum dia bisa menyarankan waktu lain, saya berkata, "Setuju."

Tak lama setelah itu, saya mulai memikirkan keputusan saya. Apakah benar atau salah untuk dikunjungi? Saya tidak yakin mengapa saya memiliki keinginan untuk melihatnya. "Lain kali," tegurku pada diri sendiri, "pikirkan dulu sebelum berjanji untuk pergi." Bukannya aku perlu punya alasan untuk mengunjunginya, tapi ada baiknya jika seorang pria memiliki alasan untuk apa pun yang ingin dia lakukan.

Sekarang setelah saya berjanji untuk mengunjungi profesor, saya harus mencari alasan untuk membenarkan perjalanan itu. Mungkin itu karena dia akan berusia 95 tahun dalam beberapa bulan. Dia adalah satu-satunya orang yang saya kenal yang berusia 94 tahun. Namun, usia sepertinya bukan alasan saya ingin bertemu dengannya. Menanyakan bagaimana dia bisa mencapai usia 94 tahun dan tetap bijaksana dan kuat mungkin adalah elemen lain yang menyenggol saya, seperti cara tuak mendorong pemabuk. "Lupakan ide itu," kataku pada diri sendiri. "Sepertinya profesor tidak akan tahu mengapa dia tetap sehat di usia 94, terus 95. Tidak ada yang tahu mengapa dia berumur panjang."

Selain itu, seseorang hanya dapat mengajukan pertanyaan seperti itu kepada orang lain jika ada kesempatan yang sempurna. Pengamatan, bukan pertanyaan, adalah cara yang lebih baik untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang berhubungan dengan umur panjang - terutama pada manula, yang mungkin salah mengartikan maksud yang mendasari pertanyaan tersebut.

Asuhan masa kecil saya, menurut saya, adalah kekuatan lain yang mendorong saya untuk melakukan kunjungan. Ketika saya masih kecil, ayah saya biasa mengirim saya dan saudara saya untuk pergi mengunjungi paman kami. "Ganggu mereka, tanyakan kabar mereka," kata Ayah kepada kami. Pengalaman masa kecil itu tidak hilang; mereka hanya diam dalam pikiran kita, kadang-kadang muncul dalam tindakan.

Setelah saya mengumpulkan sekeranjang motif untuk kunjungan saya, saya menutup buku yang sedang saya baca, menutup pintu kantor saya dan masuk ke mobil saya. Dalam perjalanan, saya mengucapkan selamat kepada diri sendiri atas pertanda yang mendorong saya untuk bercukur di pagi hari. Janggut abu-abu adalah satu hal yang tidak perlu dikhawatirkan ketika saya bertemu profesor, yang akan mengamati seseorang dengan pandangan sekilas dan berkata, "Saya kecewa dengan janggut Anda yang tidak dicukur itu," atau "Anda harus melakukan sesuatu tentang bir itu perut."

Pengaturan waktu saya sempurna, yang saya harap akan menyenangkan profesor, yang tidak menuntut apa pun selain ketepatan waktu. Beberapa detik sebelum pukul 15.30 saya menaiki dua platform bata datar, berjalan menuju pintu depan dan menekan bel pintu. Karena saya tidak mendengar bel pintu berbunyi, saya menekan beberapa kali lagi dan menunggu. Beberapa menit kemudian, seorang petugas membukakan pintu, mempersilakan saya masuk ke serambi kecil yang mengarah ke kanan ke ruang tamu berkarpet besar, dibuat sempit oleh sofa-sofa di antaranya dan berbagai meja berisi bingkai foto wajah-wajah tua dan muda.

Di seberang saya dan di dekat dinding ujung adalah profesor. Saya terkejut melihatnya di sofa kursi malas, dengan kaki terentang. Saat saya mendekat, saya melepas topi saya, membungkuk sedikit dan berkata, "Halo, Prof." Lalu aku berjalan ke arahnya dan menundukkan kepalaku agar dia bisa menepuk bagian belakang rambutku.

"Sayangku, senang bertemu denganmu," katanya. Lalu dia melambai padaku untuk duduk. Ketika saya duduk, tiba-tiba terpikir oleh saya mengapa saya ingin datang menemuinya. Untuk menjelaskannya, saya harus memanggil pohon Iroko. Iroko adalah pohon tinggi yang langka dan megah yang tumbuh di Igboland, Nigeria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar